Senin, 04 Februari 2013

Kenapa pake Linux (Apa tidak ada yang lebih baik ?)

Mungkin sudah sekitar dua tahun saya mengenal Linux, walau baru kemaren ini saya benar - benar melakukan migrasi total dari Windows 7 ke Linux. Banyak yang harus saya pertimbangkan sebelum melakukan migrasi besar ini dan salah satu hal tersebut membuat saya tetap mempertahankan Win7 di Laptop saya dengan kata lain saya menginstall dua sistem operasi pada satu komputer (DualBoot).

Dulu saya berfikir jika saya benar - benar malakukan migrasi total saya akan mengalami kesulitan terutama jika saya memdapatkan tugas untuk membuat presentasi apalagi jika itu tugas kelompok, maklum karna saya tidak menginstall Ms. Powerpoint di dalam Linux. Sebenarnya powerpointpun bisa di install di dalam linux hanya saja harus menggunakan yang asli apabila saya menginstall yang bajakan maka tidak ada bedanya saya menggunakan windows bajakan dan akan menjadi percuma saya melakukan migrasi. iya, tujuan utama saya melakukan migrasi adalah saya berusaha menghindari software atau hal - hal yang berbau bajakan.



Masalah inilah yang menghantui saya pada saat saya masih belum mengenal Linux. Saya bingung apa sebenarnya hukum memakai barang bajakan alias barang curian.Loh kok Curian ? , bukankan menggunakan sesuatu tanpa seijin pemiliknya adalah sama dengan mencuri ? (Wallahua'lam). Mungkin saya tidak akan membahasa tentang hukum menggunakan barang bajakan disini karena banyak sekali berbagai pendapat tentang masalah ini yang saya dapatkan di internet. Ada yang mengatakan Haram karena....blablabla, Ada juga yang mengatakan tidak apa - apa salalkan...blablabla. Perbedaan memang indah tapi terkadang membuat bingung, hehe.

Kemudian masalah kompetibelitas , Terutama dukungan sofware game. Dari apa yang saya tau dukungan software game di linux tidaklah sebayak windows. Yah sangatlah masuk akal jika kita menyadari bahwa Microsoft Windows adalah sistem operasi yang paling banyak di gunakan pengguna komputer di seluruh dunia. Jadi para vendor game tidak mungking melewatkan kesempatan yang menggiurkan ini. Saya suka main game seperti Pro Evolution Soccer, Need For Speed, dan lain sebagainya. Karna hal konyol itulah saya masih mempertahankan Win7 di laptop saya. Konyol ? , iya karna sekarang saya pikir ngegame hanyalah membuang waktu berharga saya dan tidak seberapa manfaat yang saya dapatkan dari hal tersebut. Mungkin memeng benar jika bermain Game komputer bisa melatih kecerdasan, konsentrasi, logika tapi siapa yang bisa menjamin jika bermain game tidak akan membuat kita lupa waktu ?. Bukan kah sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Bayak kita temui media informasi yang memberitakan seseorang tewas karna bermain game berjam - jam. saya tidak mau munafik karna saya masih belajar menjauhkan diri dari hal ini, hehe. Dan intinya hal itu tidak bisa menjadi alasan saya untuk mempertahankan win7.

Kembali pada masalah Powerpoint, Sebenarnya di linux juga ada pengganti powerpoint yang tidak kalah handal namun saya akui memang kalah menarik di bandingkan Ms. Powerpoint (hehe, :p ) yaitu LibreOffice Impress, kita masih bisa membuat presentasi yang bagus dengan ini karna pada dasarnya tergantung kemampuan dan kreatifitas masing - masing (iya gak :) ). Mungkin memang benar Ms. Powerpoint lebih indah dipandang dan lebih lengkap fitur - fiturnya tapi itu hal yang pantas karna bukankah kita harus membayar lisensi untuk menikmati fasilitas tersebut?. Jadi apa yang bisa kita banggakan dari presentasi yang memukau di depan kelas jika kita membuat itu dengan barang yang bukan hak kita (Ms.ppt bajakan) ?.

Awalnya saya ragu tapi lama - kelamaan saya yakin (kayak pernah denger kata2 ini, tapi dimana ya :/ ) . Saya harus meyakinkan diri saya sendiri, cepat atau lambat saya harus migrasi dan menghapus win7 bajakan di laptop saya. Selamat tinggal Ms. Windows terimakasih untuk semua yang telah kamu berikan selama ini, kita cukup sampai disini saja (Tidakkk!!!!).

Saya yakin dengan niat saya ini, entah kesulitan apa yang akan saya hadapi nanti namun dan pasti....

"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" (QS. Alam Nasyroh : 5) , Amin :) .

Dan sungguh Linux tidak lah seburuk yang di bayang kan, silakan kunjungin posting saya sebelumnya dengan judul "Apa itu Linux ? (Apa itu bisa dimakan?)".

Sekian curhatan saya (loh, lg curhat toh). Saya tidak lah membenci windows dan saya bukan lah penggila Linux (atau setidaknya belum, :p hehe ) saya hanya berusaha tidak menggunakan barang bajakan. Walau mungkin belum 100% tapi setidaknya saya sudah berusaha :) .

Maaf jika ada salah dan kata yang kurang berkenan.. . Terimakasih :)


3 komentar:

  1. Hmm I see.. secara tidak langsung tp Jleb! hehe

    Tp bagus postingan
    kk menyadarkan banget.. :) bagi orang seperti aku contohnyaa .____.

    dan juga bermanfaat buat orang awam contohnya seperti saya lg /loh?

    ah.. ternyata linux tak seburuk yg kupikirkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa iya, se jleb itu ... hehe

      Terimakasih :)

      Hapus
    2. Yaahh begitulah hehe

      yaa sama-sama ^^

      Hapus