Minggu, 03 Februari 2013

Apa itu Linux ? (Apa itu bisa dimakan?)

Sepertinya Linux itu memang rasanya enak bagi sebagian besar atau bahkan semua Hacker di dunia. Kenapa ? , Keamanan dan kestabilan mungkin adalah salah satu hal mengapa para hacker memilih sistem operasi ini selain Linux adalah Open Source dengan kata lain pengguna boleh melihat dan mengobrak-abrik source kode SO ini asalkan dalam batas yang di perbolehkan. Oh iya, mungkin alangkah lebih baiknya jika saya menjelaskan apa itu sistem operasi dan apa itu Linux walau mungkin saya masih tergolong baru dan awam dalam hal ini jadi untuk para Mas master dan Mba Master saya mohon ijin ;p .

“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bhukari). Iyaaaah...!! Right !!!, Jadi tidak ada salahnya saya menyampaikan walau secuil pengetahuan yang saya punya. Cekidot...

operating System adalah sebuah perangkat lunak yang dengannyalah kita bisa mengoperasikan sebuah komputer contohnya adalah ...






Microsof Windows punyanya Pakde Bill Gate,











Apple Mac Os punya Om Steve Jobs,










Linux punya Mas Linus Torvalds , Linux juga memiliki banyak Distro(distribution) yang bisa di pilih sesuai selera dan kebutuhan seperti Ubuntu , Redhat, Linux Mint, BlankOn (distro buatan anak bangsa Indonesia Raya Merdeka dan Sejahtera , amin) dan masih sangat-sangat banyak lainnya.



Namun untuk melakukan suatu pekerjaan tidaklah cukup Operating system saja namun harus di dukung dengan berbagai aplikasi lainnya seperti aplikasi/software populer semacam Ms. Office untuk membantu kita dalam melakukan pekerjaan kantor, kuliah dll. Kemudian Photoshop untuk editing dan manipulasi gambar, Firefox sebagai mesin perambah internet, dan el el.

Sedangkan menurut wikipedia Indonesia, Operating system atau Sistem operasi adalah (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Penjelasan tentang Operating sistem sudah sekarang saatnya kembali ke judul "Apa itu Linux ?" . emm.... Linux ya operating sistem udah itu saja, hehe.

Dari apa yang saya tahu entah pengetahuan saya ini salah atau benar ...

1. Linux pertama kali di kembangan Oleh mahasiswa bernama Linus Benedict Torvalds yang berasal dari Finlandia (yang anti produk Amrik bisa mempertimbangkan ini, hehe) .

2. Linux adalah sistem operasi Open source yang artinya kita di perbolehkan untuk melihat sumber kodenya dan memodifikasinya sendiri asalkan jangan mengaku-aku sesuatu yang bukan miliknya.

3. Linux itu GERATIS, yah... kalaupun bayar ya paling bayar keping dvd/cdnya, Jasa pengiriman, atau apalah yang jelas bukan bayar Os nya. Beda dengan Windows yang harus membayar Lisensi untuk dapat menggunakannya (Kecuali yang bajakan ;) ting ting )

4. Bagi orang yang belum mengenalnya dan hanya dengar - dengar saja mungkin menganggap Linux itu sulit, Jelek, Kono, lah pokoknya gitu deh. Sebenarnya tidak sepenuhnya benar apalagi hari gini yang udah taun 2013 yang ternyata kemaren 21 desember 2012 gak jadi kiamat.....,Kiamat adalah.. loh kok palah jadi bahas ini, hehe. Sori-sori , yah...yang jelas kiamat adalah urusan Allah, hanya Allah yang tau kapan terjadinya (Cramah:On). Kembali ke judul, Tak kenal maka tak sayang begitu kata pepatah. Asalkan kita mau belajar Insyaallah Linux gak sulit kok. Buktinya sekarng teman - teman bisa pake Windows kan karna belajar dulu toh... , dari nyalain komputer, klik tombol Start, buat New folder. Tuh kan belajar dari NOL aja bisa masa belajar Linux yang gak perlu dari NOl gak bisa.Insyaallah intinya sama kok, cuma butuh belajar, balajar dan belajar. Karna saya juga masih belajar :)

5.  Linux itu indah (indah dari mana?), Beneran deh efek 3dnya gak kalah sama Windows Vista, cantiknya gak kalah sama Mac Os. Kita bisa menghias sesuka hati asalkan hati -hati karna kalau gak hati - hati bisa - bisa laptop/pc nya gak kuat karna harus menjalankan grafis yang begitu indah. Jadi harus di sesuaikan dengan Spesifikasi laptop/pc. Loh , berarti Linux cuma bisa di pake di laptop/pc dengan spes tinggi dong?. Gak tenang aja kan kita bisa menyesuaikannya apalagi banyak distro - distro linux yang memang dibuat kusus untuk komputer berspesifikasi tidak tinggi. Jadi jangan takut kalau ada teman yang ngajak balapan.wusssssssss........

6. Aman dan Stabil, Teman - teman tidak perlu repot - repot ngurusin anti virus apa lagi ngurusin virusnya. Bukan berarti di Linux itu tidak Ada Virus, tapi Virus adalah barang langka jadi kalau ketemu tangkep aja trus jual kayaknya bakal laku mahal, hehe. Kemudian Stabil, Buktinya apa ? . Bahkan Jejaring Sosial sekelas Facebook pun pake Linux. Padahal ada banyak data yang keluar masuk server Facebook setiap harinya kok kayaknya gak pernah masalah ya ? ya itu makanya pake linux. Temen - temen juga bisa menyalakan komputer selama berbulan - bulan tanpa harus di restart. Yah.. paling apes - apesnya justru komputernya yang kebakar, hehe.

7. Linux itu Legal gak kayak Windows BAJAKAN. Coba tebak berapa harga yang harus kita bayar untuk Windows ASLI. Untuk Windows 7 Ultimate sekitar Rp. 2,729,100 (bhinneka.com). Belum Ms. Office dll. Bisa - bisa lebih mahal Softwarenya dari pada komputernya. Di linux Kita Bisa Pake Libre Office sebagai pengganti Ms. Office, Gimp sebagai alternatif Photosop dll.

Kalau ada Alternatif lain kenapa harus alasan terpaksa pake Windows bajakan karna gak mampu beli windows yang Asli (jlebb), hehe.

Mungkin itu saja sedikit yang saya sampaikn tentang Linux, semoga bermanfaat dan maaf jika ada salah kata. 
jika ada saran, kripik, kentang, cacimaki, dan makanan silakan tinggalkan di Komentar. Terimakasih :)


------------------------------------------------------------------

 Gambar di ambil dari id.wikipedia
-------------------------------------------------------------------
Penulis Menggunakan Linux Ubuntu 12.10.

Ubuntu 12.10





4 komentar:

  1. singkong rebus aja ya.. hehe

    BalasHapus
  2. cacimakinya gak sekalian? :)

    BalasHapus
  3. Hmm.. postingan yang menarik dan keren. Lebih menarik lagi kalo dimakan sama keripik hehe

    dan sayang sekali aku belum mahir pakai yang namanya Linux itu. Mungkin ini gegara sudah kecanduan pakai Windows XP hehe

    ok! kepp on writing kak :)

    BalasHapus